Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

KERJA SAMA


FATIH,SULTHAN dan FATHIA, ...

Kerjasama adalah ciri manusia anakku, karena kita adalah mahluk sosial, mahluk yang hidupnya dipengaruhi oleh faktor lain baik biotik (mahluk hidup) maupun abiotik (lingkungan tidak hidup), jelasnya tidak bisa hidup tanpa yang lainnya tersebut. 

Hal ini akan lebih bisa difahami manakala kita mengkaji RUKUN ISLAM, ayah pernah mengatakan arti  rukun kepada kalian, bahwa Rukun adalah sesuatu yang harus ada, kalau hal itu tidak ada maka hal itu tidak bisa berdiri. sebaimana Al fatihah dalam Shalat. 

Jika hal ini kalian tinggalkan maka keislaman kalian tidak akan berdiri artinya tidak ada dan tidak jelas.
  1. Syahadat, rukun pertama sebagai gerbang keislaman seseorang, harus di ucapkan dan dipersaksikan, lihat qisah Habab An Najar pada QS Yaasin /36 : 13-29, pada ayat 25 إني آمنت بربكم فاسمعون, bahwa iman harus diperdengarkan. seseorang yang mau masuk Islam belum Islam jika tidak mengucapkan kalimah thoyyibah ini, rukun syahadah diantaranya adalah orang yang akan mengucapkan, bacaan syahadah dan syahidan sebagai orang yang mengangkat syahadah artinya bisa berislam seseorang jika ada yang mengangkat syahadah .
  2. Shalat, sebagai rukun kedua mulai dari proses wudhu dan pelaksanaan Shalat butuh lingkungan lain, fadhilah Shalat akan lebih mulia jika dilaksanakan secara berjamaah, dengan perbedaan 27 derajat dengan shalat Munfarid, Rosululloh Muhammad saw menekankan pentingnya hal ini anakku, bahwa Berjama'ah syarat hikmah bagi kemulyaan diri dan Islam.
  3. Zakat, rukun yang ke tiga, dalam pelaksanaannya zakat tidak bisa dilaksanakan oleh sendiri anakku, dalam rukun zakat yang harus  ada adalah : Muzaki (orang pemberi zakat), Mustahiq(orang yang berhak menerima zakat) dan Amilin (panitia yang diberi tugas untuk menarik zakat dari muzaki dan menyerahkannya ke Mustahik), ketika seorang Muzaki akan menyerahkan zakat maka ia harus melakukan Ijab Qobul dengan amilin dan dari amilin ke mustahik untuk diserahkan). artinya anakku kalian tidak bisa melaksanakan syariah ini jika hidup menyendiri (rahbaniah) maka dalam Islam rahbaniah di cela.ingsyaaloh kedepan ayah jelaskan lebih lanjut tentang Rahbaniah yang dicela Islam.
  4. Puasa, sebagai rukun ke 4 bisa kalian kaji pada qs 2 : 183 dalam ayat ini terdapat kalimah 'KATABA'                                                                                                                                                            "يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون"                                                              dalam tarjamah diartikan diwajibkan, sebagai pengganti Wajaba, secara ilmu bahasa kataba artinya dituliskan, keputusan wajibnya shaum ramadhan berjalan setelah ada keputusan tertulis dari para pemimpin yang menentukan kapan tanggal 1 ramadhan dan tanggal 1 syawal sebagai akhir dari ramadhan. artinya tidak bisa setiap orang menentukan waktu shaumnya masing-masing sendiri karena keputusan ini harus  diputuskan oleh petugas yang ditunjuk dalam hisab ru'yat tentang penentuan waktu Ramadhan, mengenai Hisab Ru'yat kedepan ayah jelaskan.
  5. Haji, sebagai perayaan besar ummat Islam sedunia yang dilaksanakan tiap tahun di bulan  Djulhijah , semoga kita semua menjadi Tamu Alloh di Makkah al-Mukarromah,amin. Ummat Islam yang berkumpul dalam satu waktu dan satu tempat dalam jumlah jutaan membutuhkan manajemen yang profesional dan sempurna, agar pelaksanaan ibadah haji ini menjadi nyaman dan berjalan sempurna, maka adanya amirul Hajj menjadi utama, sehingga tidak bisa sembarang orang dengan semaunya pergi ke Makkah al mukaromah, artinya perlu diatur, hal ini menjelaskan kepada kita bahwa ibadah butuh kepengaturan yang benar agar bisa berjalan dengan baik.
Dari hal diatas bisa tegak Rukun Islam seseorang manakala dia hidup bersama, bekerjasama dan ada serta beramal dalam masyarakat.

Anakku...
hidup itu tidak selalu datar, ada kalanya diatas sebagaimana photo kalian berikut. : 


Kerjasama adalah ciri manusia anakku, karena kita adalah mahluk sosial, mahluk yang hidupnya dipengaruhi oleh faktor lain baik biotik (mahluk hidup) maupun abiotik (lingkungan tidak hidup), jelasnya tidak bisa hidup tanpa yang lainnya tersebut.   Hal ini akan lebih bisa difahami manakala kita mengkaji RUKUN ISLAM, ayah pernah mengatakan arti  rukun kepada kalian, bahwa Rukun adalah sesuatu yang harus ada, kalau hal itu tidak ada maka hal itu tidak bisa berdiri. sebaimana Al fatihah dalam Shalat.
Rancapurut Sumedang

Maka ulurkan tanganmu seperti photo Kakang yang sedang menjulurkan tangan untuk menolong Sulthan. 

Anakku ketika kalian dalam kondisi diatas, lapang, mulia hidup, memiliki jabatan, ilmu., waktu, tenaga dan rizki yang luas gunakan itu semua untuk menolong anakku, berkahkan hidupmu dengan selalu menjulurlan tanganmu, jangan merasa ketika diatas itu segalanya anakku, karena ketika kita diatas bukan artinya tidak membutuhkan orang lain.

Tapi justru ketika kita berada diatas sebenarnya itu karena bantuan dan dorongan orang lain , tetap kita butuh teman, saudara dan siapapun disekitar kita, lihat dokumen ayah ketika kalian bermain di kebun abah di Rancapurut Sumedang.

Dimana kakang bisa naik ke atas karena dorongan dan sokongan adikmu sulthan yang dibawah, jangan ragu untuk mendorong orang maju anakku, karena ingsyalloh kita pun akan bisa maju manakala kita memberi peluang orang lain untuk maju.

maka jangan menindas orang karena kekurangan, kelemahan dan posisi anakku karena itu semua adalah titipan yang hanya menjadi fitnah saja, fitnah itu bisa memulyakan sekaligus juga menghinakan, maka gunakan dengan sebaik-baiknya,

Dimana kakang bisa naik ke atas karena dorongan dan sokongan adikmu sulthan yang dibawah, jangan ragu untuk mendorong orang maju anakku, karena ingsyalloh kita pun akan bisa maju manakala kita memberi peluang orang lain untuk maju.  maka jangan menindas orang karena kekurangan, kelemahan dan posisi anakku karena itu semua adalah titipan yang hanya menjadi fitnah saja, fitnah itu bisa memulyakan sekaligus juga menghinakan, maka gunakan dengan sebaik-baiknya,
Rancapurut Sumedang

anakku dalam photo berikutpun kalian dalam posisi yang sama, maka wajib bekerjasama sebagai upaya untuk meringankan dan memaksimalkan setiap potensi kalian, sendiri mungkin bisa tapi yakinlah hal itu tidak akan mengoptimalkan potensi kalian ke titik puncaknya.

kerjasamalah  maka akan teraih nilai tertinggi sebagimana shalat kalian, sendiri bisa tapi itu hanya 1 derajat, tapi manakala bekerjasama maka 27 derajat teraih, 

Selain itu jika sendiri yang berhasil kalian sendiri tapi jika kalian bekerjasama maka banyak orang yang akan meraih keberkahannya. 

kerjasamalah  maka akan teraih nilai tertinggi sebagimana shalat kalian, sendiri bisa tapi itu hanya 1 derajat, tapi manakala bekerjasama maka 27 derajat teraih,   Selain itu jika sendiri yang berhasil kalian sendiri tapi jika kalian bekerjasama maka banyak orang yang akan meraih keberkahannya.

Subhanalloh, ayah bunda akan senang jika kalian berdua dengan saudaramu yang lain saling bantu, saling menopang dan bekerjasama, jauhi sifat perpecahan dan saling merasa lebih,iri dan dengki, 

واعتصموا بحبل الله جميعا ولا تفرقوا واذكروا نعمت الله عليكم إذ كنتم أعداء فألف بين قلوبكم فأصبحتم بنعمته إخوانا وكنتم على شفا 
حفرة من النار فأنقذكم منها كذلك يبين الله لكم آياته لعلكم تهتدون
"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk."

Kalian semua anak-anak istimewa untuk ayah bunda, anugrah Alloh yang terindah, kebahagiaan ada manakala melihat kalian hidup rukun, saling mengingatkan dalam hal baik dan saling menolong.

Serta saling mengfasilitasi untuk sama-sama sukses.

Salam kemulyaan dan keberkahan untuk kalian semua.


ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "KERJA SAMA"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK