Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Masalah Membuat Kita PINTAR

Pada tanggal 28 Des 2011 yang lalu ayah pergi ke Bandung, untuk membuat akte kelahiran adik kalian, di dinas Pendudukan Kota Bandung, berangkat subuh, harus pagi karena pekan ini adalah pekan terakhir UU kependudukan diberlakukan jadi sebelum tanggal 31 desember 2011 harus sudah dibuatkan akte kelahiran, sebenarnya masuk januari 2012 pun untuk membuat akte tidak masalah, cuma ayah tidak mau ribet awalnya karena harus ke Pengadilan Negeri dahulu dalam membuat Akte kelahiran.

Pada tanggal 28 Des 2011 yang lalu ayah pergi ke Bandung, untuk membuat akte kelahiran adik kalian, di dinas Pendudukan Kota Bandung, berangkat subuh, harus pagi karena pekan ini adalah pekan terakhir UU kependudukan diberlakukan jadi sebelum tanggal 31 desember 2011 harus sudah dibuatkan akte kelahiran, sebenarnya masuk januari 2012 pun untuk membuat akte tidak masalah, cuma ayah tidak mau ribet awalnya karena harus ke Pengadilan Negeri dahulu dalam membuat Akte kelahiran.

Masalah Membuat  Kita PINTAR

Awalnya tidak mau ribet tapi malah menjadi cape, hampir 1 minggu prosesnya bulak-balik namun terus penuh orang yang sama mau membuat akte,sampai satu hari itu bisa 4000 an, sangat penuh sesak, makanya hari inipun ayah maksimal jam 7.00 wib harus sudah berada di dinas kependudukan tersebut.

Dijalan motor tunggangan kebanggan ayah Pulsar 180 CC ini disekitar Tanjungsari kuplingnya ada masalah sehingga pas mau oper gigi tidak bisa, akhirnya ayah paksakan di gigi 2 dan terus maju sambil mencari bengkel, hanya karena masih pagi belum ada bengkel yang buka, .... bingung juga, targetnya ayah sampai jam 7 an sedangkan motor ada masalah.

Tipe ayah adalah orang yang suka ngulik sebenarnya dan kalau sudah ngoprek suka berlama-lama artinya senang ngoprek apa saja, kalau dirumah bisa kalian lihat ayah itu tidak bisa diam, namun untuk motor ayah suka menyerahkan ke bengkel, seperti saat ini ayah bingung ..., bengkel dipinggir jalan belum ada yang buka,..

Akhirnya ayah beranikan diri berhenti, ....karena memang kalau diteruskan juga bisa berbahaya, karena mesin motor bisa berhenti jika gas diturunkan, ...kalau diteruskan gas harus tetap tinggi dan ini berbahaya karena bisa nabrak orang atau mobil, sehingga gas dan rem sama-sama di tarik, sangat berbahaya...

Berhenti, kemudian ayah menganalisis apa yang harus di benarkan, kabel kupling ayah lihat ada baud yang longgar, ada yang harus dikencangkan...lihat kiri kanan akhirnya ada tambal ban, ayah beranikan diri meminjam kunci pas 12 karena kunci yang dibawa ayah dimotor terlalu besar, dapat kunci tersebut, kemudian ayah memulai mengekplorasi kabel kupling, ada dua baud, ayah seting keduanya sehingga akhirnya kupling bisa disetel sebagaimana diinginkan bisa kencang, lembut dan sebagainya sesuai keinginan ayah, akhirnya kupling normal kembali, 

Masalah Membuat  Kita PINTAR

Alhamdulillah ayah bisa mengejar waktu lagi.... sehingga tidak terlalu siang di dinas kependudukan, hari itu juga ayah akhirnya bisa memasukkan berkas permohonan pembuatan akte kelahiran adikmu Fathia Al Khalifa, dan jam 10.30 sudah bisa dibawa resi pembuatannya.

Anakku, kakang fatih, Aa Sulthan, Adik Fathia, ada beberapa hal yang bisa kalian ambil dari peristiwa tersebut :
  1. Urusan motor ayah selalu menyerahkan ke bengkel, ayah tidak mau susah dan takut salah karena ini masalah mesin atau motor lebih baik serahkan ke ahlinya, eeeh pas ada masalah di jalan malah jadi bingung sendiri. tidak bisa apa-apa, orang lain juga sama tidak ada yang bisa menolong.
  2. tergantung orang lain, sedangkan orang lain itu tidak selalu ada disamping kita.
  3. ayah dekat dengan motor tersebut tapi dia asing ,ayah tidak bisa apa-apa untuk memperbaikinya jika ada masalah.
akhirnya ayah
TIDAK TAHU APAPUN TENTANG MOTOR, MASALAH BESAR AKHIRNYA MENGHAMPIRI JIKA ADA MASALAH DENGAN MOTOR DI JALAN

hal yang ingin ayah sharingkan ke kalian adalah ...
  1. Jangan diam di zona aman kalian, ambillah tantangan dan masalah masalah baru,memang nyaman diam dizona aman kita, terhindar dari masalah tapi justru disitulah jebakannya sehingga kita akhirnya cuma memiliki apa yang sudah kita miliki sedangkan diluar sana begitu banyak hal yang bisa kita raih menjadi tidak pernah teraih
  2. Jangan puas dengan sesuatu yang kalian miliki, terus cari hal-hal baru,walau pun hal itu asing bagi kalian. karena disanalah gerbang semakin kayanya pikiran, kecerdasan dan materi.
  3. Masalah dan sesuatu yang baru ternyata membuat kita pintar : karena dari sanalah kita memulai membaca dan menganalisis masalah, kemudian mencari jawaban untuk memecahkan masalah terus mendorong kita untuk try and error dengan jawaban atas masalah tersebut akhirnya kita menemukan jawaban masalah tersebut dan akhirnya kita menarik kesimpulan , anakku persis seperti METODE ILMIAH ( 1. menemukan masalah, 2. merumuskan hipotesa atas masalah- 3.menguji hipotesa. 4 studi pustaka 5. menarik kesimpulan ) maka PINTARLAH KITA

Nilai yang bisa diambil :

  • jangan diam, cari hal-hal baru
  • keluar dari zona aman kalian/ thinks out of box /ektra ordinari kalian, cari masalah
  • jangan takut tidak menemukan jawaban dan jalan keluar, karena pasti ada
  • jika gagal maka terus ulang kembali, Thomas Alfa Edisonpun menemukan lampu listrik setelah seribukali kegagalan, tanyakan kepada orang yang mungkin lebih pintar dan menguasai dari kita, karena orang akan senang kalau ditanya tentang sesuatu yang mereka kuasai
    jika gagal maka terus ulang kembali, Thomas Alfa Edisonpun menemukan lampu listrik setelah seribukali kegagalan, tanyakan kepada orang yang mungkin lebih pintar dan menguasai dari kita, karena orang akan senang kalau ditanya tentang sesuatu yang mereka kuasai

  • tidak perlu malu kalau kita tidak bisa, justru hal itulah step pertama kita untuk pintar, sebab manusia itu adalah orgnisme pembelajar, setiap waktu setiap saat belajar, maka majulah untuk mencoba, kalaupun salah orang tidak akan marah karena hal itu wajar karena yang namanya belajar pasti mulai dari salah, persis seperti kalian bisa naik sepeda karena seringnya jatuh dari sepeda.

Posting Komentar untuk "Masalah Membuat Kita PINTAR"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK