Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Projek atau Proyek Mana yang Benar ?

Projek atau Proyek Mana yang Benar ? ayo kira-kira yang mana ? kita sering menggunakan kata proyek dan juga projek dalam komunikasi kita sehari-hari kita.

Baru -baru ini dalam dunia pendidikan, sejak kurikulum merdeka diluncurkan, kata projek /proyek menjadi suatu bahasa yang trend dikalangan pendidik.  Dengan terbitnya Permendikbudristek No 56 tahun 2022 kata Projek/proyek menjadi hal yang biasa disebutkan dan kita dengar, karena terdapat dalam model pembelajaran yang ditekankan yaitu model pembelajaran berbasis proyek dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) .  Namun sering kita temukan perbedaan penulisan kata projek atau proyek dalam P5:   Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,  (menggunakan kata PROJEK) Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila. (menggunakan kata PROYEK) Dari kedua tulisan diatas, yang sering ditemukan dalam bentuk tulisan dan didengar penulis adalah kata Projek dibanding proyek.

Sejak kurikulum merdeka diluncurkan ditahun 2020 kata projek /proyek menjadi suatu bahasa favorit  yang banyak dibicarakan dan ditulis kalangan dunia pendidikan, terkhusus para guru.  

Dengan terbitnya Kepmendikbudristek No 56 tahun 2022 para guru dalam pembelajaran salah satunya harus menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) .

Namun sering kita temukan perbedaan penulisan kata projek atau proyek dalam P5: 

  • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,  (menggunakan kata PROJEK)
  • Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila. (menggunakan kata PROYEK)
Dari kedua tulisan diatas, yang sering ditemukan dalam bentuk tulisan dan didengar penulis adalah kata Projek dibanding proyek.

Lalu menurut kaidah bahasa Indonesia Projek atau Proyek mana yang benar ?

Menurut Wiktionary, Proyek adalah  rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (pengairan, pembangkit tenaga listrik, dsb.) dan dengan saat penyelesaian yang tegas. 

Secara etimologi berasal dari bahasa Inggris: project. Aslinya memiliki bentuk kata kerja, yang tidak diserap ke dalam bahasa Indonesia utuh, melainkan melalui imbuhan, seperti ; memproyeksikan

Apabila kita buka kamus daring Balai  Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hanya ditemukan satu kata saja yaitu, proyek. sedangkan kata projek tidak ditemukan dalam KBBI, karena merupakan kata serapan dari bahasa Inggris.

Arti kata  Proyek menurut KBBI adalah: rencana kerja dengan target yang sudah ditentukan waktu dan sasarannya.

Proyek adalah bentuk kata baku sedangkan projek adalah bentuk kata tidak baku. Kata baku ialah kata yang digunakan telah sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang sudah ditentukan. 

Kata baku terdapat di entri Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sehingga penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar manakala berbahasa Indonesia dengan menggunakan kata yang baku. 

Namun sayang penggunaan kata projek (tidak baku) sudah bertebaran dan banyak digunakan para pendidik serta menggantikan bahasa bakunya yaitu proyek, 

Kalaulah kita mau menggunakan kata projek, sebaiknya tetap dalam bahasa asingnya saja dengan kata project namun tentunya harus di tulis miring karena merupakan bahasa asing.  

Kesimpulannya penggunaan kata proyek adalah yang paling benar menurut KBBI. 

  • projek penguatan profil pelajar Pancasila 
  • Proyek penguatan profil pelajar pancasila 

Contoh Penggunaan dalam kalimat dengan menggunakan kata Proyek:

  • Proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
  • Proyek Pembangunan bendungan Jatigede banyak membawa manfaat bagi masyarkat Sumedang.
  • Presiden Republik Indonesia meninjau dan meresmikan proyek jalan tol Cisumdawu.
  • Andi sedang mengerjakan proyek pembangkit listrik tenaga minihidro bersama teman-temannya.
  • Model pembelajaran berbasis proyek.
  • Gunakanlah helm Proyek ketika memasuki areal pabrik.

Demikian mana yang benar ? projek atau proyek sudah dipaparkan diatas, "berbahasa satu bahasa Indonesia"

Wassalam

Posting Komentar untuk "Projek atau Proyek Mana yang Benar ?"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK