Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Tomat Apakah Buah atau Sayur ?

Tomat Apakah Buah atau Sayur ? Teka-teki yang sering dialamatkan pada tomat, padahal tomat sendiri masa bodoh, dan tidak ambil pusing apakah disebut buah atau sayuran.

Tomat Apakah Buah atau Sayur ? teka-teki yang sering dialamatkan pada tomat, padahal tomat sendiri masa bodoh, dan tidak ambil pusing apakah disebut buah atau sayuran.  Tapi penasaran juga kan " Tomat apakah buah atau sayur ? ayo apa jawabannya !

Tomat apakah buah atau sayur ? mungkin EGP menurut tomat yang penting gue (tomat red) banyak mengandung vitamin dan bermanfaat serta memberikan keberkahan bagi manusia, 

Dikutip dari kemenkes.go.id, kandungan gizi buah tomat :

  1. Serat
  2. Vitamin C
  3. Kalium
  4. Vitamin K1
  5. Vitamin B9 (Folat)
  6. Likopen
  7. Beta Karoten
  8. Flavonoid
  9. Asam Klorogenat

Sedangkan aladokter menguraikan berbagai manfaat tomat adalah :

  • menghambat pertumbuhan sel kangker
  • menurunkan dan pengendali tekanan darah
  • menjaga kesehatan jantung dan darah
  • meremajakan kulit
  • membuat mata sehat
  • mengendalikan kadar gula darah
  • obat defresi
  • menyehatkan pencernaan
  • sumber diet dalam menurunkan berat badan
Para ahli lain menyebutkan tomat mendorong kekebalan tubuh, dapat membantu menyehatkan mata dan menyehatkan kulit.

Tapi penasaran juga kan " Tomat apakah buah atau sayur ? ayo apa jawabannya !

Sebagian kita menyebut tomat itu adalah sayur karena tomat sering ada dan dijual tukang sayur bukan tukang buah kan, atau coba cek di display supermarket kira-kira tomat disimpan dimana di kelompok sayuran atau buah ? dan sekarang kita cek ditukang buah, apakah tomat termasuk yang dijual tukang buah ?

Klasifikasi Tomat

Klasifikasi Tomat

  • Kingdom         : Plantae 
  • Divisio             : Spermatophyta (tumbuhan biji)
  • Sub divisio      : Angiospermae 
  • Class               : Monocotyledonae 
  • Ordo                : Solanales/Tubiflorae 
  • Family             : Solanaceae 
  • Genus              : Lycopersicum 
  • Species            : Lycopersicum esculentum Mill.(Tomat)

Perkembangbiakan Tomat

Jika kita membuka kembali buku Taksonomi Tumbuhan  (Spermatophyta) yang ditulis oleh Gembong Tjitrosoepomo (1993) guru besar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press, Tomat termasuk tumbuhan Spermatophyta (tumbuhan biji) atau sering disebut juga Anthophyta (tumbuhan bunga).


Jika kita membuka kembali buku Taksonomi Tumbuhan  (Spermatophyta) yang ditulis oleh Gembong Tjitrosoepomo (1993) guru besar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press, Tomat termasuk tumbuhan Spermatophyta (tumbuhan biji) atau sering disebut juga Anthophyta (tumbuhan bunga).

Sebagaimana klasifikasi diatas tomat termasuk Anthophyta (tumbuhan bunga), pada organ bunga inilah terdapat yang namanya Mikrospora (serbuk sari) dan arkegonium (sel telur/putik).

Pada proses perkembangbiakannya akan terjadi fertilisasi (penyerbukan ) dimana serbuk sari jatuh pada putik, sehingga terjadi pembuahan dan terbentuklah zygot yang berkembang menjadi embrio (bakal biji ) yang terlindung dalam buah, dari peristiwa ini dapat disimpulkan bahwa tomat adalah buah karena berasal dari bunga yang mengalami penyerbukan.

Jika ditanya kelompok manakah tomat, buah atau sayur ?

Jawabannya tergantung dari sudut pandang mana anda melihatnya, Jika berdasarkan ilmu botani kita golongkan tomat adalah buah karena merupakan hasil fertilisasi (penyerbukan) antara serbuk sari dan putik  yang terdapat pada bunga.

Sedangkan jika kita mengutif  Wikipedia tomat bisa kita kelompokkan berdasarkan penampilannya dan kegunaannya.

Tomat Berdasarkan Penampilan

Berdasarkan warna, tomat muda berwarna hijau sedangkan ketika masak bisa berwarna kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Berdasarkan ukurannya tomat dikelompokkan menjadi :

  1. granola : Tomat yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  2. gondol : Tomat yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
  3. sayur ; Tomat dengan daging buah yang biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  4. ceri (tomat ranti) ; Tomat yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Berdasarkan Kegunaan

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Selain hal diatas saat ini tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin.

Demikian tentang Tomat apakah buah dan Sayur, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tomat Apakah Buah atau Sayur ?"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK