Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Iringi langkahmu dengan Iman dan Taqwa

Iringi langkahmu dengan Iman dan Taqwa, adalah pesan yang disampaikan  dari Prof.Dr. H.Endang Sumantri,M.Ed pada tanggal : 13 Juli 2006 melalui bundamu untuk ananda.

Inilah pesan beliau :
"kemanapun anda pergi dan dimanapun berada iman dan taqwa selalu bersamamu; tatapkan mata kedepan kejar cita-cita, serta bersamamu cinta dan upaya dibarengi taqorrub ilalloh. Rajin pangkai pandai ,hemat pangkal kaya, ditahun 2006 engkau jabang bayi ; ikuti alur hidup kedepan dengan sholat,sabar,sehat dan senyum"
"kemanapun anda pergi dan dimanapun berada iman dan taqwa selalu bersamamu; tatapkan mata kedepan kejar cita-cita, serta bersamamu cinta dan upaya dibarengi taqorrub ilalloh. Rajin pangkai pandai ,hemat pangkal kaya, ditahun 2006 engkau jabang bayi ; ikuti alur hidup kedepan dengan sholat,sabar,sehat dan senyum"


Kakang fatih pesan ini disampaikan oleh salah seorang tokoh Pendidikan di UPI Bandung, tempat ayah bundamu dulu menuntut Ilmu, beliau adalah guru, sahabat dan relasi yang sangat baik. 

Isi yang terkandung didalam pesan tersebut yang harus kamu telaah dan terapkan dalam kehidupanmu adalah :

Iringi langkahmu dengan Iman dan Taqwa

Iman dan Taqwa 

merupakan balutan seseorang anakku, betul adanya dalam dada dan hati seseorang tapi itu akan terpancar dalam akal dan fisiknya. Iman adalah dasar dalam amal shaleh, maka iman yang utama dan pertama yang harus dimiliki adalah Iman kepada Robb yang menciptakan manusia dari sejak adam as hingga akhir zaman.

Allah berfirman dalam kitab suci-Nya.
" Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."
Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam juga bersabda dalam sunnahnya sebagai jawaban terhadap malaikat Jibril ketika bertanya tentang iman:
"iman adalah engkau mengimani Allah,para malaikat-Nya,kitab-kitab_nya,para rasul-Nya, hari kemudian dan mengimani takdir yang baik dan yang buruk (HR.Muslim)
Iman yang disunahkan dipegang sebagaimana tersebut diatas mulai dari iman pada Allah, Malaikat,Kitab,Rosul dan hari kemudian serta takdir baik dan buruk, ingsyaalh ayah buka secara terpisah.
Taqwa  adalah prestasi akhir yang akan menghantarkan sesorang memperoleh kemulyaan hidup dunia wal akhirat, kejarlah prestasi taqwa ini anakku, karena taqwa adalah prestasi para nabi,shodiqin,syuhada washolihin.

Tatapkan mata kedepan kejar cita-cita

Cita-cita adalah target, setiap yang hidup harus memiliki target sehingga perjalanan hidupnya terarah, maka gantunglah cita-cita itu anakku kemudian fokuslah untuk mengejarnya maka ingsyaaloh akan sampai, dan kau akan merasakan nikmatnya manakala sampai pada citamu, selamat mengejar cita-citamu.
Tidak ada perjalanan yang paling indah kecuali dengan cinta, walau terjal dan berliku apabila disertai cinta maka itu kebahagiaan anakku, 
maka cintailah orang-orang yang ada disekitarmu, karena sesungguhnya kamu ada karena ada orang lain anakku, tidak ada seseorang yang berhasil dengan tangannya sendiri, pasti ia membutuhkan orang lain untuk meraihnya, cinta adalah jawabannya, 
kemudian tidak ada keluh dan lelah manakala segala sesuatunya dikembalikan kepada sang pemilik langit dan bumi yaitu Alloh Robul alamin, maka isti'anahlah kau kepada-Nya.
Rajin pangkal Pandai, benar pepatah ini, tidak ada yang pintar begitu saja, semua harus berproses, istilah ayahmu bedanya orang pintar dan bodoh adalah yang pintar dia akan banyak menyempatkan waktunya untuk mempelajarinya sedangkan yang bodoh membiarkan waktu berlalu begitu saja anakku.maka rajin pangkal pandai.

Hemat pangkal kaya

Hemat pangkal kaya adalah potongan peribahasa yang sudah serin ananda dengan, hemat bukan artinya pelit, tapi ia merencanakan segala sesuatunya dengan baik dan terukur, ia akan menggunakan uangnya dengan sesuatu yang membawa nilai dan manfaat untuk dirinya dan orang lain, baik saat ini maupun yang akan datang, dunia wal akhirat.
ikuti alur hidupnmu, karena sesungguhnya Alloh tidak berhenti dalam penciptaanmu, kau akan berubah baik fisik,aqal dan lainnya, mulai dari bayi, anak-anak,remaja,dewasa, tua dan mati. maka hiasi hidupmu dengan fungsi peranmu dimuka bumi ini dan taburkan kebaikan, karena ia akan tumbuh dan kau akan memanennya suatu saat nanti.

Sholat 

Ananda Sholat sebagai ciri dan bukti keimanan seorang muslim adalah bukti ketersambungan kamu dengan Alloh, artinya seluruh hidupmu tidak bisa lepas dari-Nya, dari penciptaa-Nya, perintah-Nya dan dari Tugas-Nya
Sabar, adalah hiasan kedua, sebagimana firman Alloh Qs 2:45/2:153
"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

sehat 

Ananda dengan sehat aqal, hati, fisik dan sosial kamu bisa berbuat apa saja, amal shaleh akan sampai pada titik optimumnya jika kamu sehat, maka jaga fisik,aqal dan hatimu sehingga sehat.
Bina diri dan jasmani kalian, buat toriqoh untuk menjaga diri dan menjaga kebugaran, buat jadwal yang jelas dan dilaksanakan, terus aktif terlibat dalam kegiatan oleh jasmani, kalian bisa bergabung di kegiatan ektrakurikuler bidan golah raga atau apa saja yang bisa menjaga fisik kalian.
namun jangan berhenti di olah fisik saja, aqal dan hati kalian harus juga diolah, setiap akal memiliki kerja, akal setiap saat dan waktu akan terus bekerja, untuk itu isilah akalmu dengan kerja akal yang sehat, isi dengan nilai-nilai yang pernuh keberkahan, isi dengan hapalan quran dan hadist, bacalah buku karena buku pintu dan gerbang ilmu, hadirilah majlis-majlis ilmu.
kemudian hidupkan pergaulan kalian dengan aktif dan terlibat ditengah tengah lingkunganmu, berperanlah dengan amal jariah dan sholih, yang membawa keberkahan kepada kehidupan kalian.

Senyum 

Senyum adalah hiasan dalam hidup, pahit getir, suka dan duka akan dilalui oleh setiap orang yang melakukan perjalanan, sebagaimana jika kamu melakukanperjalanan pasti ada mulus dan terjalnya,ada naik dan turunnya, maka hadapi dengan senyum maka hilanglah keluh kesah, kerikil jadi dzikir, tanjakan jadi kemulyaan. senyum maka musuhmupun akan diam.

Semoga pesan ini menyertai dan menjadi milik kalian, semoga dimudahkan aamiin
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Iringi langkahmu dengan Iman dan Taqwa"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK