Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Modul Ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Modul Ajar PJOK SD Fase A Kelas 1. Pendidikan adalah suatu proses pembinaan manusia yang seutuhnya baik potensi akliah, ruhiah dan jasmaniah. sehingga PJOK SD sebagai pendidikan Jasmani dan olahraga dan kesehatan menjadi bagian yang penting dalam mewujudkannya.

PJOK SD menjadi media dalam menghantarkan generasi penerus Indonesia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kratif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Modul Ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka, download bahan ajar pjok sd , modul ajar kelas 1 sd sekolah penggerak, modul pembelajaran pjok sd kelas 1-6,  modul ajar pjok, sekolah penggerak kelas x, modul ajar pjok sekolah penggerak smp, contoh bahan ajar pjok sd pdf,  capaian pembelajaran pjok sekolah penggerak, modul ajar matematika kelas 1 sd sekolah penggerak,  download modul ajar pjok sd , modul ajar pjok kurikulum merdeka sd

download bahan ajar pjok sd , modul ajar kelas 1 sd sekolah penggerak, modul pembelajaran pjok sd kelas 1-6,  modul ajar pjok, sekolah penggerak kelas x, modul ajar pjok sekolah penggerak smp, contoh bahan ajar pjok sd pdf,  capaian pembelajaran pjok sekolah penggerak, modul ajar matematika kelas 1 sd sekolah penggerak,  download modul ajar pjok sd , modul ajar pjok kurikulum merdeka kelas 4, modul ajar pjok kurikulum merdeka sd
Mensana in corpore sano 
( dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat)

Modul Ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka

PJOK bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Melalui modul ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka  ini terjadi proses aktivitas belajar yang berfokus pada pengalaman belajar berpusat pada murid (Student Center) dengan membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

Materi dan Bab pada PJOK SD Kelas 1

Materi ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulm Merdeka adalah :
  • Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor  
  • Unit 2 Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor 
  • Unit 3 Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif .
  • Unit 4 Aktivitas Senam .
  • Unit 5 Aktivitas Gerak Berirama 
  • Unit 6 Aktivitas Pengenalan Air  
  • Unit 7 Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan 
  • Unit 8 Mengenal Bagian-Bagian Tubuh 

Tujuan Mata Pelajaran PJOK SD 

Tujuan mata pelajaran PJOK untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kesadaran tentang arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.
  2. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani, mengelola kesehatan dan kesejahteraan dengan benar, serta mengembangkan pola hidup sehat.
  3. Mengembangkan pola gerak dasar dan keterampilan gerak (motorik) yang dilandasi dengan penerapan konsep, prinsip, strategi dan taktik secara umum. 
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai nilai kepercayaan diri, sportif, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, pengendalian diri, kepemimpinan, dan demokratis dalam melakukan aktivitas jasmani. 
  5. Menciptakan suasana yang rekreatif, berisi tantangan, dan ekspresi diri dalam interaksi sosial. 
  6. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk memiliki pola hidup aktif serta memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran pribadi sepanjang hayat. 
  7. Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri melalui aktivitas jasmani. 

Download Modul Ajar PJOK SD Kelas 1 

Alur Tujuan Pembelajaran PJOK SD Fase A Kelas 1 Kurikulum Merdeka

No ATP  Unduh
1 Alur Tujuan Pembelajaran PJOK SD kelas 1  Unduh

Modul Ajar PJOK SD Fase A Kelas 1 Kurikulum Merdeka

 No  Topik /Modul  Penyusun Unduh
1 Pola Gerak Dasar  Umi Hariyani  Unduh
2 Gerak Dasar Non Lokomotor  Umi Hariyani Unduh
3 Pola Gerak Dasar Manipulatif  Umi Hariyani Unduh
4Pola Gerak Dominan (Aktivitas Senam)
Umi HariyaniUnduh
5 Pola Gerak dasar Lokomotor dan
Non Lokomotor sesuai dengan irama
Umi HariyaniUnduh
6 Kebugaran Jasmani Umi Hariyani Unduh
7 Pola Perilaku Hidup Bersih Umi Hariyani Unduh

Demikian Modul ajar SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka, yang dapat anda ATM kan yaitu amati dan analisis kemudian ditiru kalau memang itu layak dan cocok dan terakhir di modifikasi sesuai dengan situasi yang dihadapi baik ligkungan satuan pendidikan maupun peserta didiknya.
Salam Sukses

Posting Komentar untuk "Modul Ajar PJOK SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK