Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SimpleWordPress

Langkah Amanah dan Istiqomah

Langkah Amanah dan Istiqomah, sebuah pesan yang sampaikan oleh  Ummi Nani M.Sugandhi, Dr Dosen BP UPI Bandung (beliau adalah istri dari Prof.Dr.H.Syamsu Yusuf,LN,M.Pd ) disampaikan beliau kepada ananda melalui bundamu. pada 31 Juli 2006. semoga ananda bisa menarik nilai dan hikmahnya.

" Du'a Umi Keur Hidep, Fatih  ! Prak lampah jeung lengkah hidep sing amanah jeung Istiqomah Hirup jeung Hurif dina papagan Allah . "Cageur,Bageur,Bener,Pinter jeung Singer", sing janten konci hirup hidep !!!" amin (Dr. Ummi Nani M Sugandhi)


Langkah Amanah dan Istiqomah, sebuah pesan yang sampaikan oleh  Ummi Nani M.Sugandhi, Dr Dosen BP UPI Bandung (beliau adalah istri dari Prof.Dr.H.Syamsu Yusuf,LN,M.Pd ) disampaikan beliau kepada ananda melalui bundamu. pada 31 Juli 2006. semoga ananda bisa menarik nilai dan hikmahnya.


Kakang ! pesan ini ayah bunda pinta kepada beliau karena kebijakan , kelembutan, kecerdasan dan tentunya akhlaqnya yang sangat baik, terbukti kedua anaknya menjadi anak yang sholeh dan pintar.

Hal ini pula yang ingin ayah bunda tiru dari beliau, sehingga bisa menghantarkan kalian kakang Fatih dan Aa Sulthan menjadi anak yang sesuai pesan beliau "cageur,bageur,pinter jeung singer".

1. Prak lampah jeung Lengkah hideup sing amanah jeung Istiqomah

  • lampah ; adalah perbuatan/ amal dalam hidup sebagaimana QS 91:8 "maka Alloh mengilhamkan pada jiwa itu jalan kefasikan dan ketaqwaan" Fasiq adalah mereka yang mengotori jiwanya dan mendustakan Rosul serta berbuat yang berlebih-lebihan.
  • Taqwa ; adalah mereka yang mensucikan jiwanya (tauhid) , baik dari dosa yang nampak (amal perbuatan maksiat/hina dan dosa)  maupun yang tersembunyi (dosa syirik) sedangkan lengkah = adalah langkah kaki dalam menunaikan tugas hidup. 

Alloh SWT menunjukkan kepada kita dua jalan Qs 90:10 "dan kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan " apa saja jalan hidup tersebut ? 

sehingga langkah kaki dan amal hidup(lampah) itu menjadi benar dalam ayat-ayat setelahnya disebutkan bahwa langkah yang benar adalah yang dalam hidupnya mengambil jalan Kanan (menanjak lagi sukar).

Apa yang menanjak lagi sukar yaitu melepaskan perbudakan, menghilangkan kelaparan pada anak yatim dan fakir, yang beriman, yang saling berpesan untuk sabar dan kasih sayang. 

Anakku amal soleh akan berat dan menghadapi tantangan yang tidak ringan apalagi pada zamanmu ini, pesan ayah walaupun kalian harus melawan arus dan sendirian tetaplah dalam perintah Qur'an dan Sunnah. karena ini lengkah dan lampah yang akan menghantarkan kalian memperoleh Kemulyaan Dunia wal akhirat.

2. Hirup jeung Hurip dina papagan Allah

Hirup  adalah bertambahnya volume fisik dan umur, dan Hurif adalah isi dari hidup untuk Ibadah keduanya harus sesuai papagan Alloh swt, apa yang harus dipegang ?

lihar QS 17 : 9 
" Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar"

QS 3 : 31  "Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
artinya pegang kokoh yaitu QUR'AN dan SUNNAH ROSUL dan jangan lepas darinya.

3. Cageur,Bageur,Bener,Pinter jeung Singer

  • Cageur adalah   hidup sehat baik fisik,aqal dan Hati
  • Bageur adalah istilah Sunda untuk mereka yang hidup sesuai norma Islam dan budaya
  • Bener adalah hidup sesuai kebenaran Alloh dan Rosulnya artinya tahu benar dan salah
  • Pinter berarti Tahu Posisi yang seharusnya, bisa menempatkan diri, analisis yang tajam dan kuat serta otak yang cerdas,
  • Singer  bermakna sikap yang tidak pernah membuang potensi hidup dan waktunya, baik aqal dan fisiknya selalu berguna serta aktif dengan bahasa sederhananya rajin 
IngsyaAlloh itu semua kunci hidup mulia, semoga menjadi citra kalian, amin

Posting Komentar untuk "Langkah Amanah dan Istiqomah"

SimpleWordPress
Arga-Gordyn-OK